Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Better Ads Standards Global: Dampak Untuk Blogger?

Pengertian dan Dampak Global Better Ads Standards Bagi Para Blogger - Akhir-akhir ini saya dan teman-teman blogger dikejutkan dengan adanya notifikasi di akun Google Adsense tentang Better Ads Standards Global. Sempat menjadi perbincangan yang hangat juga tentang maksud dan apa yang akan terjadi serta dampak bagi para blogger yang menjadi publisher Adsense.

Better Ads Standards Global itu apa sih? 

Apakah akan menyebabkan iklan tidak tayang di blog kita?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya kita simak dengan teliti tulisan di bawah



Better Ads Standards Global. Google Chrome akan menerapkan Better Ads Standards di seluruh dunia mulai 9 Juli. Iklan dapat difilter di browser Chrome jika Anda tidak mematuhi standar tersebut.

Apa itu Better Ads Standards Global?


Better Ads Standards Global merupakan koalisi untuk meningkatkan pengalaman iklan bagi konsumen dan mempromosikan penerapan Better Ads Standards atau standar iklan yang lebih baik.

Dan disini, Google merupakan anggota Better Ads Standards sehingga dikabarkan pada tanggal 9 Juli 2019 ini akan mulai di terapkan standar iklannya pada tampilan desktop serta seluler di seluruh dunia.

Tujuan Better Ads Standards Global


Seperti kita tahu dan alami, sering kali ketika kita membuka dan membaca artikel di suatu situs  akan muncul iklan dengan posisi yang menjengkelkan. Dimana iklan tampil dan mengambil lebih dari separuh layar, atau iklan pop up yang menutupi seluruh layar sehingga para pembaca tidak dapat membaca isi di situs tersebut.

Hal tersebutlah yang menjadi tujuan Better Ads Standards ini, yaitu untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung agar tidak terlalu terganggu iklan yang tampil sehingga lebih fokus pada isi atau konten pada suatu situs.

Dampak Better Ads Standards Global


Dengan adanya penerapan standar iklan yang lebih baik ini tentu akan berdampak terhadap para publisher Adsense yaitu para blogger. Walaupun akhir ceritanya belum tahu bahwa ini akan berdampak positif atau negatif.

Ada beberapa jenis iklan yang menjadi prioritas untuk di tinjau dengan pemberlakuan Better Ads Standards Global ini:
  • Iklan Pop-up
  • Iklan Auto play video dengan suara
  • Iklan layar penuh dengan penghitung waktu
  • Iklan Sticky yang besar / Large Sticky Ad

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut, jenis iklan apa saja yang paling terdampak dengan adanya kebijakan standar iklan global tersebut.

dampak better ads standards global

Akan tetapi ketika membaca dan menelaah lebih lanjut tulisan di salah satu halaman support google, Better Ads Standards Global ini muncul karena hasil riset yang mereka lakukan menemukan bahwa dengan banyaknya iklan yang letaknya mengganggu para pengunjung mengakibatkan banyak yang menggunakan addons Ad Block di browser mereka.

Hal tersebut tentu saja akan berdampak juga terhadap para Advertiser, karena iklan menjadi tidak bisa tampil karena banyaknya yang menggunakan pemblokir iklan.

Dengan begitu, kita harapkan semoga pemberlakuan standar iklan globar ini justru menjadi titik awal yang lebih baik bagi para publisher dan juga bisa meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, bagaimana nasibnya iklan-iklan dari Propeller Ads, Pop Ads, dan lainnya yang notabene iklannya adalah jenis pop-up dan layar penuh.

Kita tunggu tanggal mainnya....

Itulah sedikit informasi yang bisa saya sampaikan seputar munculnya notifikasi Better Ads Standard Global di dashboard Adsense beberapa waktu lalu. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Better Ads Standards Global: Dampak Untuk Blogger?"