Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Drama Thailand O-Negative Series: Kisah cinta dan persahabatan


O-Negative series ini adaptasi dari film dengan judul yang sama yang tayang tahun 1998, sedangkan O-Negative yang saya bahas saat ini tayang pada tahun 2016.

Drama series ini cukup ramai diperbincangkan justru akhir-akhir ini, walaupun tayangnya sudah dari 2016 lalu.

Mungkin karena sebelum-sebelumnya tidak tersedia sub Indo untuk serial drama ini jadi rada telat juga pada nontonnya.

Gak tahu kenapa pembuat subtitle Indonesia khususnya film-film Thailand sangat sedikit, jadi mungkin inilah yang menyebabkan film atau series Thailand rada telat "boom" nya di negara kita.

Walaupun begitu, drama satu ini masih layak tonton di tahun 2020 ini.

Berbicara soal drama Thailand khususnya O-Negative ini tidak kalah bagus dibanding serial-serial korea loh. Jadi bagi penggemar drakor, series ini juga patut di perhitungkan untuk ditonton.

O-Negative mengisahkan tentang persahabatan 5 remaja yaitu Art (Jirayu La-ongmanee), Puen (Thanapob Leeratanakajorn), Foon (Supassara Thanachart), Prim (Violette Wautier), Chompoo (Goy Arachaporn) yang dipertemukan pada saat awal-awal mereka masuk kampus, dimasa ospek gitu.

Dan secara kebetulan juga mereka berlima memiliki golongan darah O Negative, yang mana itu adalah golongan darah yang langka di Thailand.

Dari sisi ceritanya sendiri, ada banyak nilai-nilai yang dapat diambil dari O-Negative Series ini, diantaranya:

Persahabatan lebih sedikit menyakiti dibanding percintaan

Prim di awal masuk kuliah mendapat pesan dari ibunya agar mencari teman daripada kekasih. Pesan yang pada akhirnya disadari Prim bahwa akhirnya cinta yang ada di dalam persahabatan akan mengakibatkan banyak teman yang menderita.

Dan ini pula yang membuat Art mencintai Prim tetapi tidak berani mengungkapkannya karena tidak mau persahabatan hancur karena cinta, karena "bersahabat sudah lebih dari kata cukup".

Cinta tidak dapat dirancang

Adegan bermula pada saat diskusi di kelas dengan seorang profesor yang mengangkat tema "cinta tidak dapat dirancang". Iya, diskusi ini membahas tentang kepada siapa dan bagaimana seseorang akan jatuh cinta tidak dapat ditebak, dan kapan datangnya cinta tidak ada orang yang tahu.

Tujuan hidup yang jelas

Salah satu tokoh yang bernama Puen disini merupakan sosok laki-laki yang mengalami dilema dalam menjalani cinta, bingung memilih antara Foon atau Prim. Diantara dilema itulah yang justu akhirnya membuat Puen menjalin cinta dengan kedua sahabatnya tersebut.

Perasaan yang dipenuhi dengan penuh kebimbangan itulah yang justru akhirnya menyebabkan persahabatan mereka retak dikemudian hari. Puen harus kehilangan kedua teman wanita yang dicintainya.

Sahabat saling mendukung dan obat bagi segalanya

Ada sebuah momen dimana Prim kehilangan kedua orang tuanya, dan sahabatnya lah yang mengurus segala pemakamannya. Pada saat Prim masih kondisi labil karena ibunya meninggal dunia dan tak lama kemudian persahabatan pecah karena ketidak tegasan Puen yang akhirnya membuat Prim memutuskan pergi ke Prancis menyusul Art yang sebelumnya pergi ke Prancis untuk bekerja.

Disanalah akhirnya Prim bisa bangkit dan menyadari bahwa Art memendam rasa cinta yang telah lama namun tidak di ungkapkan karena takut akan merusak persahabatan mereka.

Berat loh jadi seperti ini, suka sama orang tapi harus "ngempet". :D



Itulah beberapa rangkuman nilai kehidupan dari series O-Negative, walaupun banyak nilai-nilai lain yang ada, tapi kalau dijelaskan semua akan butuh waktu yang lama juga. :D

Serial ini ada 26 episode, kalian bisa streaming secara gratis di situs line today atau download di link berikut ini. Sudah ada subtitle Indonesia jadi tidak perlu cari sub indo lagi.

Download O-Negative Subtitle Indonesia

Episode 1
Episode 2
Episode 3
Episode 4
Episode 5
Episode 6
Episode 7
Episode 8
Episode 9
Episode 10
Episode 11
Episode 12
Episode 13
Episode 14
Episode 15
Episode 16
Episode 17
Episode 18
Episode 19
Episode 20
Episode 21
Episode 22
Episode 23
Episode 24 
Episode 25 
Episode 26 (Tamat)


Bagi sobat yang suka dengan drama romantis yang bikin baper, bisa simak artikel saya tentang Drama China Komedi Romantis Yang Bikin Baper, karena kualitasnya tidak kalah loh dibanding drama Korea maupun Thailand. Dan apabila sobat ingin download film-film Thailand, Jepang atau bahkan drama Korea, buruan cari di situs download Drakor, Thailand, China favoritmu.

Sekian dari Odesain.com. Terima kasih

5 komentar untuk "Drama Thailand O-Negative Series: Kisah cinta dan persahabatan"

  1. Oalah,,iya,terima kasih informasinya ya..,sudah diperbaiki linknya, silahkan di cek kembali :)

    BalasHapus
  2. Eps 25 nya kok ngga ada min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya kak, maaf malah eps 24 ya,,link sudah diperbaiki, silahkan download kembali. :)

      Hapus
  3. episode 18 nya ko gabisa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya g bisa di download atau di putar kak?

      Hapus